Pentingnya Ilmu di Dunia & Akherat

Sebagai umat islam kita wajib menuntut ilmu. Dari hadits yang diriwayatkan oleh HR Ibnu Majah sebagai berikut

طلب العلم فريضة على كل مسلم

Artinya: Menuntut ilmu itu wajib tiap muslim (baik muslim maupun muslimah)

ilmu di dunia dan akherat

 

Dari hadits di atas menjelaskan bahwa, hukum menuntut ilmu itu wajib atau fardlu.Membuktikan bahwa islam memperhatikan pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk menuntut ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu sebagai bekal kelak dalam kehidupan akhirat. Bahkan Rasulullah menegaskan dalam hadits lain yang artinya: “carilah ilmu sejak kalian masih di ayunan sampai ke liang kubur. Beberapa ilmu yang kita pelajari seperti tauhid, fiqih, sharaf, matematika, ekonomi, bahasa Indonesia, ipa dll. Akan tetapi tidak semua ilmu pengetahuan yang baik yang harus kita pelajari. Seperti yang lainnya ilmu yang mengajar tentang sihir, kekerasan, pencurian, perzinaan pokoknya ilmu yang mengarah kepada kejahatan juga harus kita pelajari. Tetapi hal kejahatan itu hanya ilmu pengetahuannya saja‎, bukan untuk diamalkan.  

 

Sebab menurut firman Alloh, orang yang memiliki pengetahuan, akan ditingkatkan derajatnya oleh Allah. Sebagaimana telah dijelaskan di Al-Qur’an surat Al Mujadilah ayat 11 yang berbunyi:

يَرْفَعْ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَاَلَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ.….……

Artinya: ……..Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. 

Ilmu merupakan kunci kebahagiaan dunia dan akhirat.Telah diriwayatkan oleh H.R. Bukhari yang berbunyi:

"Man aroda dunya fa’alaihi bil ‘ilmi, Man arodal akhiroh fa’alaihi bil ilmi, Wa man aroda huma fa’alaihi bil ‘ilmi" (al Hadits)

Artinya: Barang siapa ingin memperoleh kebahagiaan hidup di dunia harus dengan ilmu dan barang siapa ingin memperoleh kebahagiaan di akhirat harus dengan ilmu, barang siapa ingin memperoleh kebahagiaan di akhirat dan akhirat harus dengan ilmu. Ilmu nantinya dipertanggung jawabkan si akhirat. Ilmu bisa menjadi pertolongan bagi orang yang berada di alam kubur.

Seseorang yang telah meninggal, ruh yang berada di tubuh seseorang akan diambil dan ditahan oleh Allah SWT. Pada saat mayat itu telah dikuburkan, ruh yang ditahan oleh Allah SWT tadi dipindahkan ke alam kubur untuk dimintai pertanyaan dan pertanggungjawaban oleh malaikat Munkar dan Nakir.

Pada saat malaikat Munkar Nakir mendatangi mayat tadi dari sebelah utara diatas kepala, ilmu yang diperoleh semasa hidupnya tadi berkata “wahai malaikat janganlah engkau menanyainya dari arah utara diatas kepala, karena orang ini semasa hidupnnya tidak pernah meninggalkan shalat fardhu (wajib) dan shalat malam (sunnah)”. Lalu malaikat pindah kearah kiri disamping kanan kiri. Ilmupun berkata “wahai malaikat janganlah engkau menanyainya dari arah kiri disamping tangan kiri, sesungguhnya orang ini tidak pernah meninggalkan ibadah puasa”. Lalu malaikat pindah kearah bawah(kaki). Ilmupun berkata lagi “wahai malaikat janganlah engkau menanyainya dari arah bawah(kaki), karena semasa hidupnya orang ini selalu berjalan ke masjid untuk shalat berjamaah”. Lalu malaikat pindah ke arah kanan(samping tangan kanan).Ilmupun berkata pula “wahai malaikat janganlah engkau menanyainya dari arah kanan (samping tangan kanan), karena orang ini semasa hidupnnya suka bershadaqoh” .Dan ketika kita tidak bisa menjawab pertanyaan Malaikat Munkar Nakir karena bahasa yang digunakan bahasa arab sedangkan kita orang Indonesia atau orang luar Arab yang pastinya ilmu itu akan menstransfer, meng sms, meluncurkan, data-data tersebut ke orang tadi, dan kita selamat dari siksa kubur.

 

Wahai saudaraku demikian  tentang  pentingnya ilmu di dunia dan akhirat  dan mohon maaf jika ada yang salah.

 

Wallahu ‘alam bishowab Wa allahul muwafiq illa aqwamit thoriq, wal afwu minkum. 

 SEMOGA BERMAMFAAT

 

Terimakasih.

 

Teguh S.  

 

E:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PH : 08567789372 

WA :087782690429

PIN: 2BFAAC90

www.jpnn.com

Cenderawasih Pos Grup

Lombok Pos Grup

DKM

Masjid Jami' Al 'Ittihad Citra Indah menerima zakat mal, infaq, shodaqoh, dan amal jariah lainnya. Hubungi DKM atau pengurus masjid:

  • Ketua DKM Bpk Teguh 08567789372 teguh@jpnn.com
  • Wakil Ketua Bpk Abisaid Chudri 08151621590
  • Bendahara Bpk Sugeng 08121306968
  • Sekretaris Bpk Deni Syahputra 08161879611
  • Bid. Umum Bpk Jamaluddin 081380103738

Lokasi

DKM masjidjami-alittihad-citraindah.com

© 2016 Masjid Jami Al Ittihad CitraIndah City. All Rights Reserved. Designed By JoomShaper