Dua Penyakit dalam Diri Manusia

Khutbah Jumat: ADEP SHOBARI (Ponpes Fajar Dunia). Ada dua penyakit yang sering diderita oleh manusia di dunia ini. Bahkan setiap manusia pasti tak luput dan mengalami atau teridap rasa sakit ini. Yaitu:

1. Penyakit Jasmani: Penyakit yang menyerang tubuh kita. Baik yang ada didalam tubuh atau yang nampak diluar tubuh kita. Penyakit ini nampak terasa sakit. Dan sangat jelas terlihat gejala dan hasil diagnosanya.  

 

Ketika penyakit menyerang tubuh kita, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus atau yang non virus. Maka betapa sibuknya kita mencari obat yang paling mujarab, manjur, datang berobat ke dokter atau kemanapun, ke Rumah Sakit hingga bermalam dan bahkan berani membayar mahal demi kesembuhan dari penyakit yang diderita. 

2. Penyakit Hati: Penyakit ini hampir tak terlihat dan mungkin tidak terasa. 

 Penyakit ini tidak mudah diobati dan disembuhkan, karena yang menderita terkadang tidak merasakannya. Bahkan tidak tahu kalau sedang sakit. Maka jarang sekali yang menderita penyakit ini berusaha untuk menyembuhkannya. Padahal bahaya dan akibatnya, jauh lebih besar dari penyakit jasmani. 

Jika penyakit jasmani hanya menderita sebentar saja, bahkan paling lama hanya selama di dunia saja. Sedangkan penyakit hati ini akan berakibat fatal, selain didunia  juga di akhirat kelak. 

Contoh penyakit hati diantaranya:

Dendam, iri, dengki, zholim, sombong, merasa baik, suka menghina dll

Mudah-mudahan kita selalu dihindarkan dari penyakit ini. Jika tak bisa menghindar dan menderita, mudah2an kita segera sadar dan berusaha mengobatinya dengan selalu berdzikir dan mendekati NYA dengan cara apapun. Yang penting tujuannya adalah taqorrub ilalloh mencari ridho alloh. 

 

Khutbah singkat yang cukup menyengat. 

Insya alloh bermanfaat 

Amiin Yaa Robbal Alamiin. 

 

 

Teguh S.  

 

E:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PH : 08567789372 

WA :087782690429

PIN: 2BFAAC90

www.jpnn.com

Cenderawasih Pos Grup

Lombok Pos Grup

DKM

Masjid Jami' Al 'Ittihad Citra Indah menerima zakat mal, infaq, shodaqoh, dan amal jariah lainnya. Hubungi DKM atau pengurus masjid:

  • Ketua DKM Bpk Teguh 08567789372 teguh@jpnn.com
  • Wakil Ketua Bpk Abisaid Chudri 08151621590
  • Bendahara Bpk Sugeng 08121306968
  • Sekretaris Bpk Deni Syahputra 08161879611
  • Bid. Umum Bpk Jamaluddin 081380103738

Lokasi

DKM masjidjami-alittihad-citraindah.com

© 2016 Masjid Jami Al Ittihad CitraIndah City. All Rights Reserved. Designed By JoomShaper